5 CARA CEGAH KEMBUNG PADA DOMBA DAN KAMBING

3 CARA CEGAH KEMBUNG PADA DOMBA DAN KAMBING

Lakukan sekarang atau terlambat kemudian: 3 langkah tepat cegah kembung pada ternak domba kambing
Bagaimana mungkin kembung dapat menyebabkan kematian pada domba dan kambing? Saat kembung, jantung ternak terhimpit oleh angin dan asam lambung. Terlihat sepele tetapi bisa fatal akibatnya. Manajemen kesehatan memang menyerap sebanyak 5% dari total biaya produksi. Tetapi hal ini bukan alasan bagi peternak untuk mengabaikan kesehatan ternak. Karena jika salah dalam penanganan sudah bisa dipastikan kerugian. Kerugian ini selain didapat dari penurunan tingkat produktivitas juga bisa dari kematian ternak. Peternak harus peka terhadap tingkah laku ternak yang tidak seperti biasanya. Contohnya adalah pergerakan tubuh yang pasif dan tingkat konsumsi yang menurun. Kembung ditandai dengan tingkah laku ternak yang lemas dan tidak mau makan. Adanya udara dalam perut, sebagai hasil proses fermentasi oleh mikroba dalam rumen.

Selanjutnya perut akan membesar mendesak rongga dada sehingg ternak mengalami kesulitan bernafas. Mau tau cara mencegah kembung (bloat) pada domba dan kambing? Cek langkah dibawah ini :

1. Hindari pakan yang basah karena embun
Kadar air berlebihan dalam pakan mengganggu proses pencernaan. Kondisi ini memicu aktivitas mikroba dalam rumen. Semakin banyak aktivitas mikroba maka semakin banyak gas yang terbentuk dalam rumen.
2. Berikan hijauan dalam bentuk kasar, tidak dicacah kecil
Semakin besar potongan rumput, maka pencernaan oleh mikroba semakin melambat. Gas yang dihasilkan tidak akan berlebihan
3. Jaga ternak dari angin

Kondisi kandang yang terbuka, memungkinkan angin banyak masuk menerpa tubuh ternak. Pembuatan kontrusi kandang harus ideal.
Bagaimana pembuatan konstruksi kandang yang ideal? Berapa ukuran kandang yang pas? Ikuti Basic Class Training “Untung Maksimal Beternak Domba Kambing secara Optimal” tanggal 29-30 April 2017 di Saung Domba Edupark.