ternak malas makan

Ternak Malas Makan? Taklukkan dengan Metode Ini!

Ternak anda malas makan? Sama seperti manusia, ternak domba kambing pun menyukai makanan (pakan) yang bersifat baru. bayangkan saja ketika sisa pakan masih banyak sedangkan di sore hari ada jatah pakan sendiri. Kebutuhan nutrisi ternak domba kambing tidak terpenuhi. Otomatis pencapaian bobot badan dalam bisnis fattening pun tidak maksimal. Peran anak kandanglah disini yang berperan penting. Kuncinya adalah metode 2R: RUTIN dan RAJIN. Rajin mengecek kondisi domba dan kambing.

Apakah ternak makan atau tidak? Domba dan kambing termasuk hewan ruminansia. Saat istirahat, ternak domba dan kambing melakukan ruminasi atau semacam mengunyah kembali pakan. Itulah ciri ternak yang sudah makan. Selain kondisi ternak, bak pakan juga perlu dicek dengan rutin. Jika dirasa pakan yang ada di dalam bak masih banyak, aduklah pakan tersebut. Perlakuan tersebut memberikan gambaran pada ternak bahwa pakan yang diberikan terlihat baru. selain itu sisa pakan dalam bak menyimpan panas di bagian dalamnya. Panas dan lembab adalah kondisi yang baik untuk pertumbuhan bakteri. Pakan akan lebih cepat berjamur dan membusuk. Pengadukan pakan akan membantu regulasi udara sehingga pakan memiliki kualitas yang sama tanpa ada penurunan. Ternak pun jadi lahap makan.

Jadi, ingat 2R tadi dalam memberi pakan ternak ya sobat eduagro! Ingin tips dan berbagai ilmu yang lebih lengkap soal peternakan? Tunggu jadwal selanjutnya pelatihan-pelatihan seru dari Eduagro Indonesia!

cata-ternak-domba-4m

Cara Ternak Domba Kambing: Terapkan 4M untuk Domba Kambing yang Sehat dan Gemuk

Cara ternak domba kambing bagaimanakah yang efektif untuk proses penggemukan? Hari ini kita akan membahas tentang salah satu tips beternak domba kambing menurut praktisi ternak berpengalaman.

Perlu persiapan matang sebelum ternak domba kambing digemukkan. Jangan menghayal untung maksimal jika perawatan ternak diabaikan. Alih-alih penghematan, malah rugi yang didapat. Tentu bukan hal yang kita inginkan bukan? Nah, ada tips sanitasi sebelum ternak dirawat selama masa penggemukan. Menurut praktisi ternak domba kambing, ke-4 tips ini sangat berguna bagi pertumbuhan ternak selama masa penggemukan. Berikut adalah tips 4M untuk domba kambing yang sehat dan gemuk:

1. Mencukur bulu domba

Bukan hanya terlihat manis, keuntungan lain yaitu mengurangi tingkat stres ternak dan meminimalisir bersarangnya bibit penyakit.

2. Mandi

Setelah dimandikan, domba akan terlihat bersih dan bibit penyakit dapat berkurang terbawa air. Jangan lupa untuk menjemur ternak agar tubuh ternak kering karena bibit penyakit menyukai daerah yang lembab.

3. Memberikan desinfektan

Desinfeksi tidak hanya diperuntukkan kandang saja, tetapi ternak juga memerlukan desinfeksi untuk membunuh bibit penyakit yang masih bersarang disekitar tubuh ternak.

4. Memberikan obat cacing

Salah satu upaya preventif (pencegahan) penyakit pada domba secara internal adalah memberikan obat cacing. Cacingan bukan termasuk penyakit yang mematikan, tetapi jika tidak segera ditangani atau dilakukan tindakan pencegahan akan sangat merugikan peternak.

Bagaimana caranya? Apa saja bahan yang dibutuhkan? Ikuti Pelatihan Eduagro Indonesia, Basic Class: Beternak Domba dan Kambing. Info lebih lanjut hubungi 085733885570 (Anna).

cara-memulai-usaha-peternakan-2b

Cara Memulai Usaha Peternakan: Kunci 2B

Cara memulai usaha umumnya dimulai dengan tahap belajar, menguji produk, hingga benar-benar memulai pemasaran. Akan tetapi di setiap lini usaha, terdapat perbedaan-perbedaan metode memulai tersebut. Bagaimana dengan memulai usaha peternakan?

“Just do the best and let god do the rest” ucap pebisnis muda, Doddy Domba, owner dari Saung Domba Internasional. Pernah terpikir oleh setiap orang ide membangun sebuah usaha. Jika sudah ada di benak waktunya untuk memvisualkan dalam genggaman kita. Pada fase awal usaha, banyak “trial and error” untuk peningkatan produksi. Kondisi ini akan berujung pada datangnya pundi-pundi uang. Bahkan pada fase tersebut, tidak sedikit pengusaha merugi dan akhirnya bangkrut. Beternak domba dan kambing pun ketika salah dalam hal perawatan, malah buntung yang didapat.

Berkunjung dan belajar adalah kunci untuk memperpendek rantai trial and error.

1. Berkunjung

Tidak ada salahnya sebelum memulai usaha banyak berkunjung ke peternak domba dan kambing. Bukan hanya pengalaman yang nantinya didapat, link untuk membangun kerjasama bisa saja terjalin. Hubungan ini perlu dijaga sebaik mungkin agar nantinya bisa membangun usaha bersama dengan hasil keuntungan yang berlipat ganda.

2. Belajar

“Tempat baru ilmu baru”. Selalu timbulkan pikiran “Why” dimanapun berada. Kita tidak pernah akan mengerti jika belum memahami sesuatu. Perjelas kata why dengan jawaban peternak sebagai cara untuk mempersingkat waktu trial and error.

“Dalam berusaha, peran kita hanya melakukan yang terbaik dan berdoa, selanjutnya serahkan kepada Allah SWT” ucap Doddy Domba yang sudah menggeluti dunia domba dan kambing sejak 2009. Pada bulan April lalu telah banyak peternak dan calon peternak yang mengikuti kisah Abang Doddy Domba yang mengupas habis kesalahan dalam memulai bisnis domba dan kambing di acara one day training “Rahasia Sukses menjadi Peternak Domba Kambing di Saung Domba Edupark.

Lalu, kapan nih ada pelatihan serupa lagi? Tenang, Eduagro Indonesia memiliki sederetan program pelatihan lain yang super penting lainnya beberapa waktu ke depan. Untuk jadwalnya kami akan sampaikan di post-post berikutnya. Jangan sampai kelewatan ya!

Sampai jumpa Sobat Eduagro!

resep-kambing-laris-manis

Resep Kambing Ternak Laris Manis

Resep kambing agar bisa laris manis salah satunya adalah dari segi penampilan. Peribahasa “don’t judge a book by its cover” pun pasti muncul karena sudah fitrah, sifat alamiah, manusia yang hampir selalu menilai sesuatu dari penampilan terlebih dahulu.

Mana yang lebih disukai? Mobil yang ‘kinclong’ atau mobil berlumpur?

Meskipun sama- sama bekas tetapi pembeli akan tertarik pada mobil yang bersih kinclong. Nah, dari sini kita bisa mengetahui kalau first impression merupakan kunci pertama dalam penjualan. Bagaimana dengan ternak?

“Ternak mau diapakan juga tetap saja kotor”. Ada yang pernah berpikir seperti itu? Kalau iya, buang jauh anggapan anda yang seperti itu. Ternak domba atau kambing juga bisa terlihat manis dipandang. Penampilan kambing yang menarik perhatian konsumen adalah menumbuhkan kepercayaan kepada pembeli domba yang kita jual. Salah satu tips adalah dengan mencukur bulu domba. Bukan hanya terlihat manis, keuntungan lain yaitu mengurangi tingkat stres ternak dan meminimalisir bersarangnya bibit penyakit.

peternak-sukses-kearifan-lokal

Peternak Sukses dan Kearifan Lokal

Tidak heran ketika kekuatan suatu negara berada pada nilai budaya yang dijunjung tinggi masyarakatnya. Suatu kebudayaan memiliki nilai filosofi untuk mencapai keseimbangan hidup.

Menurut Suhartini dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan dan Penerapan MIPA pada 2009. kearifan lokal merupakan perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan lingkungan tempatnya hidup secara arif. Oleh karena itu, kearifan lokal berkaitan dengan potensi lokal. Potensi lokal pada setiap daerah berbeda-beda. Dalam membangun sebuah usaha peternakan, hal yang pertama ditinjau adalah potensi lokal yang berada di sekitar “calon” lahan peternakan, mulai dari potensi budaya hingga potensi pakan. Tidak melupakan pula di sekitar lahan peternakan pasti ada masyarakat yang memiliki tradisi atau budaya sendiri. Kita sebagai peternak wajib menghormati nilai budaya setempat agar keberlangsungan usaha peternakan kita dapat didukung sepenuhnya oleh masyarakat. Dukungan ini dapat menjadi kekuatan peternak untuk mengolah potensi lokal yang ada di sekitar peternakan tanpa harus dinilai dari segi “materi” karena adanya rasa kepercayaan masyarakat terhadap peternak.  

Tips lain dari pemanfaatan kearifan lokal untuk peternakan adalah adanya hubungan timbal balik antara peternak dan masyarakat. Hubungan yang saling menguntungkan ini sebagai hasil dari pemanfaatan potensi lokal.

Sebagai contoh dalam membuka usaha peternakan domba dan kambing, kotoran yang dihasilkan termasuk limbah bagi peternak. Akan berbeda jika kotoran yang ada diolah menajdi biogas sehingga dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Dari pengolahan ini, warga sekitar akan merasa simpatik dan mendukung dengan keberadaan peternakan yang kita kelola.