fauzan hangriawan

Kisah Sukses Fauzan Hangriawan Peternak Puluhan Ribu Ekor Ikan Lele

Eduagro Indonesia — Namanya juga pengusaha, mayoritas dari mereka yang sukses pasti awalnya nekat dulu. Seperti yang dilakukan oleh Fauzan Hangriawan. Ia yang  mengawali usaha ikan lele secara koboi, kini sukses jadi pengusaha dengan puluhan ribu ekor ikan lele di lokasi peternakannya.

Di depan peserta seminar acara seminar akbar, “Kupas Tuntas Sampai Puas Keuangan, Akuntansi, dan Perpajakan dalam Peternakan” Sabtu (25/11) di Hotel Bumi Wiayata ini menyampaikan kisah suksesnya.

Fauzan Hangriawan selaku peternak lele sukses mengaku, “Awalnya saya ini orang hukum, bukan peternakan atau perikanan. Namun, ikan lele ini adalah passion saya. Jadi saya fokus di sana.”

Lima tahun bisnis berjalan sejak tahun 2009 lalu, Fauzan mulai memikirkan apakah ia hanya ingin terus beternak lele atau ingin menjadi pengusaha yang berfokus dari hulu hingga hilirnya. Sejak saat itu, Fauzan berpikir bahwa pengaturan keuangan itu penting untuk memajukan usaha agar mendapat penghasilan yang lebih baik.

“Mulai dari situ, saya mulai memisahkan pengeluaran pribadi dan pengeluaran usaha. Membuat laporan keuangan itu sulit, tapi paling tidak ada catatannya. Sayang, saya baru menyadari hal ini lima tahun yang lalu. Padahal, seharusnya saya melakukan perincian laporan keuangan sejak awal usaha peternakan lele,” tambahnya.

 

Sumber : https://trubus.id/

doddy domba

Doddy Domba: Laporan Keuangan dalam Bisnis Peternakan itu Mutlak, Jangan Disepelekan

Eduagro IndonesiaHardiansyah Ismail atau Doddy Domba memulai bisnis ternak sejak tahun 2009 lalu. Awalnya ia bekerja di salah satu perusahaan swasta sebagai Manajer Keuangan.

Pengalamannya sebagai manajer, membuatnya sadar betapa pentingnya peran sistem keuangan dalam perjalanan bisnis, apapun itu bidangnya, termasuk peternakan.

Doddy Domba selaku Pemilik Saung Domba International di acara seminar akbar, Kupas Tuntas Sampai Puas Keuangan, Akuntansi, dan Perpajakan dalam Peternakan Sabtu (25/11) di Hotel Bumi Wiayata ini menyatakan, “Laporan keuangan terkesan simpel, tapi dalam titik-titik tertentu jadi hal yang penting banget dalam menentukan kemajuan sebuah perusahaan.”

“Awalnya saya melihat bisnis peternakan yang saya jalankan normal-normal saja. Pegawai ada, kambingnya juga lumayan ada 300 ekor. Namun satu keanehan setelah saya lihat laporan keuangan kok tidak sesuai dengan apa yang sudah saya rencanakan di awal memulai bisnis?

Dari situ saya tak lagi berfokus pada breeding hewan ternak, tapi fokus untuk menyelamatkan bisnis saya,” tambahnya.

Jarang ada pengusaha yang menganggap laporan keuangan jadi satu hal mutlak dalam roda bisnis. Mereka selalu menaruh prioritas laporan keuangan bukan di posisi pertama. “Padahal hanya dari laporan keuangan, kita dapat merencanakan perusahaan jadi lebih baik dan lebih berkembang,” tukasnya.

 

Sumber : https://trubus.id/

yudi guntara noor

Yudi Guntara: Pola Pikir Peternak Harus Berubah terhadap Keuangan

Eduagro Indonesia – Para peternak kita masih terlalu fokus dengan usaha tani, sekadar memelihara hewan ternak tanpa berpikir untuk mengembangkan usaha ternaknya jadi lebih maju, sesuai standar ahli peternakan.

Yudi Guntara selaku Ketua Himpunan Pengusaha Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) menyampaikan, “Peternak kita kebanyakan hanya berpikir selama uang yang dikeluarkan untuk produksi dan penghasilan yang didapat berbeda, mereka sudah untung. Padahal jika dilihat dari sistem keuangan, belum tentu peternak itu sudah untung dan sukses.”

Laporan keuangan itu sangat penting, sehingga kita bisa memastikan seluruh biaya mulai dari produksi, pakan, penyusutan, agar keuntungan yang didapat betul-betul dirasakan oleh peternak. “Banyak peternak yang beli kambing 10juta rupiah, setelah satu tahun jual 15juta rupiah sudah ngerasa untung. Padahal kalau begitu mah mereka rugi,” tambahnya.

Yudi menyampaikan hal tersebut di depan para peserta seminar akbar, Kupas Tuntas Sampai Puas Keuangan, Akuntansi, dan Perpajakan dalam Peternakan Sabtu (25/11) di Hotel Bumi Wiayata.

Yudi juga lebih lanjut menambahkan, “Sekarang ini peternakan di Indonesia cukup maju. Sehingga ke depan sebagai peternak kita harus merencanakan keuangan sejak awal, walau usaha ternak yang dilakukan masih dalam skala kecil.”

Menurut Yudi yang sudah pakar di bidang peternakan, minimal para peternak mulai mencatat apa saja yang dilakukan saat beternak sejak awal. Dengan begitu, kita akan mengetahui sejak awal apakah peternakan kita profitable atau tidak, kita juga jadi lebih mudah untuk mengembangkan usaha.

 

Sumber : https://trubus.id/

Posyandu Hewan?

Posyandu Hewan?

Sudah sering dengar Posyandu? Pasti sudah ya? Ada Posyandu lansia ada Posyandu balita. Ada lagi posyandu yang mungkin jarang dikenl? Posyandu Hewan. Ya, hewan pun ternyata perlu diperiksakan rutin ke Posyandu biar terjaga kesehatannya. 

Adalah Sri Imawati, dokter hewan di Kecamatan Sanden yang secara rutin melakukan pemeriksaan hewan di Posyandu Hewan. Seperti yang dilakukan pada Jumat minggu lalu (23/9) di Kelompok Ternak Teges Maju, Dusun Tegesan, Gadingsari, Sanden. dia ditemani seorang dokter dokter hewan dan dua paramedis lainnya yang kebetulan juga perempuan.

Sebanyak 56 ekor kambing dan 10 ekor sapi antri diperiksa dokter hewan yang tK canggung-canggung memegang sapi dan kambing itu. “Pemeriksaan dilakukan empat bulan sekali. Sapi atau kambing diberi suntikan berupa vitamin dan obat cacing. Hewan yang bunting tidak boleh disuntik obat cacing, hanya diberi vitamin,” jelas Sri Imawati.

Posyandu hewan ini penting agar kalau ada penyakit bisa cepat teratasi. Dan begitulah, kambing dan sapi pun antri disuntik.

Indonesia Harus Bangga!

Sumber : http://kec-sanden.bantulkab.go.id

Beginner web 600x429

[KENALI KAMBING DOMBA, SANG SUMBER PENGHASIL LABA]

[KENALI KAMBING DOMBA, SANG SUMBER PENGHASIL LABA]

 
Ingin memulai usaha kambing Domba tapi merasa ragu karena belum memahami ilmunya??
 
Atau sudah punya usaha Kambing Domba tapi hasilnya tidak meningkat??
 
Bisnis kambing domba anda sudah berada di ambang kerugian??
Anda perlu mendalami kembali ilmu dalam berbisnis kambing dan domba!
 
Dalam usaha kambing domba kita perlu mengetahui dengan baik segala macam aspek terkait seperti KEBUTUHAN NUTRISI , KONSTRUKSI KANDANG, REPRODUKSI & BIRAHI , serta PENYAKIT DAN PENCEGAHANYA.
semua perlu Anda ketahui agar usaha kambing domba berjalan dengan optimal
 
Eduagro Indonesia sebagai mitra sukses anda siap menjawab kebutuhan anda! Kami akan melaksanakan TRAINING CLASS “KENALI SELUK BELUK DOMBA KAMBING ANDA DAN DAPATKAN KEUNTUNGAN BERGANDA!” yang Akan diselenggarakan pada :
 
Hari/Tanggal : Sabtu-Minggu, 16-17 Desember 2017
Waktu : 08.00-17.30 WIB
 
Tempat : Saung Domba Edupark, Sasak Panjang, Bogor
Google Maps (Saung Domba Edupark)
 
Investasi
2 HARI FULL Pelatihan hanya Rp 1.175.000,-/peserta*
 
*Khusus untuk alumni Eduagro Indonesia diskon 10% dan Mahasiswa diskon 50%
 
Belajar bersama praktisi berpengalaman dan praktik langsung di kandang!
 
KALAU TIDAK SEKARANG, KAPAN LAGI??
Segera daftarkan diri Anda, kuota terbatas!
 
Daftar
Ketik: DaftarBC_Nama Lengkap_Alamat Lengkap_No.HP_Kirim ke 0857-7372-8381

CP : 0857-7372-8381 (office)/0822-9853-3300(Fauzi)/ @his3343hz (Official Line)

0d15034a-ac42-43e5-8b3d-a36f59172226

[SAATNYA MELIHAT PELUANG DARI BISNIS PETERNAKAN]

Anda memiliki keinginan untuk membuka usaha peternakan tapi masih bingung ternak apa yang cocok?

Anda memiliki modal untuk membuka usaha peternakan tapi masih bingung dengan potensi pasar ternaknya?
Anda memiliki lahan menganggur dan ingin mencoba untuk membuka usaha peternakan?

Eduagro Indonesia siap menjawab semua masalah anda!
Tahukah anda bahwa bisnis peternakan memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia? Bisnis ini tidak akan pernah sepi pelanggan karena hewan ternak adalah kebutuhan dasar dalam memenuhi pangan setiap orang.
Eduagro Indonesia sebagai penyedia “training and consultant” terbaik se-Indonesia akan menyelenggarakan sebuah training yang siap membimbing dan membuka mata Anda mengenai potensi bisnis peternakan pada:
Hari/tanggal
Sabtu, 2 Desember 2017

Waktu
08.00 – 17.30

Tempat
Saung Domba Edupark, Sasak Panjang, Depok

Berapa biaya investasinya?
HANYA Rp 845.000 !
Kami jamin, biaya investasi yang anda keluarkan akan sebanding dengan ilmu dan manfaat yang anda dapatkan untuk melangkah menjadi peternak yang sukses!

Segera daftarkan diri Anda jangan sampai terlewatkan!

Bagaimana cara daftarnya?
Ketik:
DaftarBOC_Nama Lengkap_Alamat Lengkap_No.HP dan kirim ke 0857-7372-8381

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:
WA/SMS/Telp : 0857-7372-8381 (24 jam)
Instagram : eduagro.id
Facebook : Eduagro Indonesia
Website : www.eduagroindonesia.com

[MEGA SEMINAR PETERNAKAN DI AKHIR TAHUN 2017]

 

 

 

PERTAMA DAN TERAKHIR DI TAHUN 2017 !!!

Satu-satunya seminar ditahun ini yang membahas mengenai Keuangan,Akutansi dan Perpajakan di bidang peternakan ! Seminar yang akan membuat anda memahami jenis-jenis biaya yang diperlukan dalam pengembangan usaha peternakan Anda ! Anda juga akan mengetahui pencatatan keuangan yang baik dalam usaha anda serta aturan perpajakan yang berlaku di bidang peternakan ! Dipandu oleh praktisi yang berkompeten dan telah berpengalaman lebih dari 10 tahun ! Jadi Tunggu apa lagi , Mari Investasikan diri anda pada MEGA SEMINAR KUPAS TUNTAS SAMPAI PUAS!! KEUANGAN, AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN DALAM PETERNAKAN
Kapan dan Dimana ? Catat ya tanggal dan tempatnya
Waktu : Sabtu, 25 November 2017
Pukul : 08.00-17.00
Tempat : Hotel Bumi Wiyata, Margonda, Depok
PESERTA TERBUKA UNTUK UMUM DAN SELURUH KOMODITAS PETERNAKAN!
Investasi
Per Orangan
Rp 1.500.000
Paket Hemat
Paket DUO IRIT (untuk 2 peserta)
Dari Rp 3.000.000 HANYA Rp 2.650.000
Paket AMAN (Asik Limaan)
Dari Rp 7.500.000 HANYA Rp 6.375.000
Paket NGARIUNG (untuk 10 peserta) Dari Rp 15.000.000 HANYA Rp 12.450.000
SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA!!
Daftar Ketik : DaftarEduagro_Nama Lengkap_Alamat Lengkap_No.HP kirim ke 0857-7372-8381 CP : 0857-7372-8381 (Office) / 0822-9853-3300 (Fauzi) / @his3343z (Official Line)

Ini Dia Ciri Bibit Sapi Unggul, Peternak Wajib Tahu

Ini Dia Ciri Bibit Sapi Unggul, Peternak Wajib Tahu

Memilih bibit sapi yang berkualitas memang tidak mudah. Bahkan, untuk memahaminya seorang peternak harus mempelajarinya jika ingin mengetahui ciri-ciri bibit sapi unggul yang siap untuk digemukkan.
 
Pemilihan bibit sapi yang benar akan menentukan keberhasilan ketika masuk ke proses penggemukan. Hal ini merupakan faktor penting berjalannya usaha penggemukan sapi Anda ke depannya.
 
Untuk itu, agar usaha ternak sapi yang dijalankan sesuai rencana, Anda juga harus memilih bibit sapi yang bagus. Berikut cara memilih bibit sapi yang berkualitas:
 
1. Bibit sapi yang bagus memiliki ciri-ciri fisik seperti:
 
  • Memiliki bentuk tubuh yang proporsional, yaitu mempunyai rangka tubuh yang kokoh serta lebar.
  • Memiliki tinggi tubuh yang sama antara depan dan belakang serta tubuhnya memanjang.
  • Memiliki dada yang lebar, dengan mempunyai dada yang lebar akan membuat pertumbuhan daging di daerah dada bisa maksimal.
  • Memiliki bulu yang kering dan pendek dengan mata yang bersinar dan responsif terhadap lingkungan sekitar.
  • Bibit sapi yang bagus biasanya mempunyai pantat yang lebar serta perut kecil. Sebab, bibit sapi yang mempunyai perut besar menandakan bahwa bibit sapi terkena penyakit cacingan. Perut bibit sapi yang terlalu besar akan menghalangi pertumbuhan pada bagian yang lain, karena daging biasanya hanya akan tumbuh di bagian perut.
  • Memiliki kaki yang kokoh dan tulang kaki yang besar. Kaki yang kokoh pada bibit sapi yang bagus akan menopang berat badan sapi yang semakin besar.
  • Bibit sapi mempunyai bentuk kaki yang normal serta lurus.
  • Bibit sapi yang bagus memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.
Pilihlah bibit sapi yang berukuran sedang karena bibit yang terlalu kurus dan gemuk pertanda bahwa keadaan sapi tidak terlalu baik untuk dikembangbiakkan.
 
2. Untuk memulai usaha ternak Anda, pilihlah bibit sapi yang sudah berusia 2—3 tahun. Karena pada usia tersebut merupakan umur yang paling ideal untuk dikembangbiakkan. Selain itu, pada usia sapi tersebut sapi akan lebih mudah untuk tumbuh dan kembang yang maksimal.
 
3. Bibit sapi yang Anda pilih harus memiliki napas yang teratur. Ini tanda bahwa bibit sapi dalam keadaan bagus.
4. Memiliki sistem pencernaan yang lancar.
5. Bibit sapi memiliki gerak yang aktif karena bibit sapi yang lemas dan tiduran menandakan bahwa ia tidak sehat atau bahkan terserang penyakit.
 
Sumber : pertanianku.com

PENYEBAB KEGUGURAN PADA TERNAK KAMBING

Keguguran menimbulkan kerugian terhadap dua aspek, yakni peternak gagal memperoleh tambaham anak kambing (cempe) dan gagalnya produksi susu karena kabing tidak jadi beranak.

Peneyebab Keguguran pada ternak kambing bisa bermacam-macam seperti;

-Diseruduk kambing pejantan

-Kambing terjatuh

-Terkena penyakit seperti (Salmonella sp, Brucella sp, Chlamydia, Toxoplasma atau Bue Tongue).

Keguguran yang disebabka oleh mikroroorganisme penyebab penyakit hanya dapat ditentukan dengan analis di laboratorium. Pengobatan yang efektif harus didasarkan pada penyebb penyakit tersebut.

Penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat diobati dengan tuntas, sehingga kambing yang mengidap virus ini sebaiknya segara disingkirkan dari populasi, misalnya dipotong. Upaya ini juga merupakan upaya pencegahan agar penyakit tidak mewabah. Keguguran yang disebabkan oleh bakteri masih bisa diatasi denngan memberikan preparat sulfa atau antibiotika. Berbagai bentu benda cairan yang dikeluarkan oleh kambing yang keguguran harus segara dibakar.

Penyebab keguguran pada ternak kambing

Bagian kandang yang terkena cairan, misalnya dara kambing yang keguguran, harus dibersihkan dengan disinfektan. Keguguran yng disebabkan oleh mikroorganisme penyebab penyakit bisanya bersifa zoonois, yaitu dap menular pada manusia, sehingga harus hati-hati dalam menolong kambing yang keguguran.

Penyebab keguguran secara fisik bisa dihindari dengan memisahkan kambing yang bunting dari kambing lainnya,terutama kambing jantan. Kandang harus bersi dan tidak licin untuk menghindari terjatuh atau tergelincirnya kambing di dalam kandang.

Penyebab Keuguraguran Pada Ternak Kambing Tanda Klinis:

-Produksi susu menurun

-Keluar cairan dari alat kelaminnya yang infectious

-Cairan janin keruh

Pencengahan:

-Sanitasi atau kebersihan kandang harus selalu terjaga

-Tata laksana kandang harus baik

Pengobatan

-Injeksi antibiotic dengan dosis 5 ml

-Ternak lain yang masih sehat perlu divaksinasi.

Sumber : peternakankita.com

Semoga Bermanfaat

krisis

PETERNAK JAGA CASHFLOW DAN KEUANGANMU, BILA INGIN TETAP BERADA DIBISNIS INI

Cash is King , itu lah yang akan menjadi topik penting bagi semua pelaku usaha di tahun 2018 dan 2019, cash is king sebuah perumpamaan yang ingin menyampaikan bahwa siapa pengusaha yang dapat menjaga keuangannya dan mengelola keuangannnya dengan tepatlah yang akan bergerak di tahun tahun yang akan datang
Apa yang akan terjadi di tahun 2018 dan 2019 adalah sebuah tahun yang berat bagi kita khususnya dan pelaku usaha pada umumnya , tantangan besar apa yang akan kita hadapi 2 tahun mendatang memang berat mari kita lihat indikator indikator usaha di tahun mendatang.
  • 2018 – 2019 tahun politik, yang akan terjadi adalah perduelan politik yang akan menyeret ekonomi ke arah stagnansi
  •  2016 – 2017 ini menunjukkan daya beli yang menurun, di tandai dengan hasil statistik yang menyatakan demikian, bahkan dari hasil analitis yang menarik lagi hampir komposisi pembelanjaan yang akan terjadi di dominasi di hal hal kreatif dan leisure
  • Menurunnya perputaran keuangan, dari beberapa diskusi pelaku usaha yang ada di sekitarn saung domba international, disimpulkan usaha yang di jalankan omzet menurun 30 sampai 40 Persen dari kondisi umum
  • Market yang tetap dan cenderung menurun ini di tambah dengan semakin padatnya pemain karena mulai di galakkan wiraswasta dan banyak nya pemain baru membuat indahnya dunia persaingan
  • – Dunia investasi akan stagnansi karena dunia usaha yang memasuki resiko tinggi karena stagnya ekonomi dan resiko usaha yang tinggi, para pemain lama akan hold position dan wait and see untuk mulai bersaing di dunia usaha

Sebuah artikel ekonomi yang membahas mengenai cara menghadapi kondisi keuangan di tahun 2008 dan 2009 di saat terjadi resesi ekonomi global memberikan beberapa strategic dalam menghadapi resesi ekonomi , seperti jaga pengeluaran buat pemasaran, menyesuaikan portfolio product dan support distributor. Ini adalah ketiga strategic dari beberapa strategic lainnya yang sama penting dalam menghadapi stagnansi ekonomi dan resesi ekonomi

Fokus terhadap beberapa hal dan beberapa point penting dari bisnis anda, ikat pinggang pengeluaran terhadap beberapa bisnis lain yang tidak penting keberadaannnya, wait and see dan mencoba bertahan dari berbagai terpaan yang terjadi karena lagi hancurnya market yang di sebabkan oleh resesi ekonomi.
Dalam sebuah tulisan in strategic overview dalam resesi bisnis, mengatakan bahwa wall mart dan south west airlines yang memiliki posisi yang kuat di market dan cost yang efisien dapat menjadikan resesi menjadi momentum dalam meraih share market yang lebih besar, sementara perusahaan lain yang memiliki balance sheet yang kuat dan sehat akan memakan market dari beberapa pengusaha yang memiliki keuangan yang tidak sehat dan efisien
Mungkin kita sekarang berada tidak dalam posisi wall mart namun kita berada pada posisi usaha yang memiliki keuangan yang sehat dengan balance sheet yang sehat dan ini akan menjadi modal yang kuat untuk kita surviving dan memakan market share dari bisnis bisnis lain serupa yang memiliki keuangan yang tidak sehat.
Untuk itu teman peternak jaga kesehatan keuangan anda dan cashflow anda dalam menghadapi badai besar yang akan menimpa usaha peternakan kita di tahun 2018 dan 2019, mudah mudahan kegiatan wait and see dan memperbaiki bisnis yang kita lakukan sekarang menjadi senjata di tahun berikutnya di saat ekonomi bounce back atau berbalik arah ke ekonomi yang lebih baik.
Semangat terus peternak domba kambing indonesia. Mari perkuat bisnis untuk tetap menjadi salah satu pemain didalam bisnis domba dan kambing
By Doddy Domba Lubis