hidroponik

Jangan Takut Berbisnis Dilahan Sempit ! Ini Cara Efektif Memanfaatkannya

Berbisnis Dilahan Sempit – Untuk Anda yang tinggal di desa ataupun Kota memiliki lahan pekarangan berukuran minim bahkan terbilang sempit jangan pernah berpikir “tidak dapat menghasilkan uang melalui bisnis, bahkan berkreasi di pekarangan agar terlihat hijau dan subur saja terasa sulit”.

Semakin berkembangnya bidang keilmuan agriculture, membuat Anda tidak perlu ragu lagi memulai perkebunan mini atau menanam beragam tanaman di sekitar rumah.

Berikut beberapa media tanam yang dapat Anda lakukan

  1. HIDROPONIK

Media tanam dengan teknik hidroponik cukup banyak diketahui oleh sebagian masyarakat. Dengan hidroponik sangat jelas sekali memudahkan anda untuk berbudidaya secara menguntungkan. Banyak keuntungan yang bisa anda peroleh dengan sistem budidaya ini diantaranya adalah hasil produk yang anda tanam kemungkinan besar bersifat organik dan segar.

Ruang yang di butuhkan hidroponik biasanya membutuhkan 1-2 meter dan itu bisa menampung 20 sampai 25 tanaman setiap lubang tanam. Banyak jenis dalam budidaya secara hidroponik diantaranya tanaman dengan memanfaatkan paralon dengan ukuran yang kita buat sendiri. Anda bisa mengkreasikan model bentuk dan ukuran.

Hidroponik adalah sistem budidaya yang menggunakan air sebagai media utamanya, tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa menggunakan tanah. Namun pada dasarnya tanaman membutuhkan sumber unsur hara yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidupnya.

Kandungan unsur hara yang terdapat pada tanah sangat lengkap namun dengan nutrisi buatan bisa di terapkan pada air, sehingga air bisa digunakan sebagai media untuk mencukupi kebutuhan unsur hara tanaman.

Unsur hara yang dibutuhkan ini sudah banyak tersebar di pasaran atau toko pertanian yang bisa anda beli sangat terjangkau atau anda bisa meraciknya sendiri.

Namun saya lebih condong menyarankan anda untuk bertanam dengan sistem hidroponik hidroponik wick. Banyak keuntungan dari hidroponik wick, diantaranya tidak membutuhkan modal yang besar namun anda bisa mendapatkan hasil yang tentunya bagus. Hidroponik wick dibuat menggunakan botol mineral plastik atau dengan botol lainya, jika anda ingin membuat hidroponik ini klik disini.

 

  1. Membuat vertikal garden

Menanam tanaman dengan cara ini sudah banyak digunakan di perkotaan dan sistem vertikal ini berkesan pekarangan lahan kecil anda terlihat subur dan rimbun. Untuk membuat kebun vertikal caranya sangat mudah sekali anda cukup menanam tanaman dengan menggunakan paralon bekas sebagai media penyangga, atau anda bisa menanam dengan tanaman yang bersifat peredu.

Di beberapa daerah jika anda membuat pekarangan kecil sebagai ladang usaha sampingan saya rasa tanaman peredu seperti sahang cocok untuk di tanam. Tanaman ini memiliki ekonomis yang tinggi (daya jual yang tinggi), di pasaran 3 gram sahang di jual seharga sampai Rp. 400 – Rp. 500 tidak menutup kemungkinan jika anda menanam tanaman ini dengan jumlah kecil memiliki pendapatan hasil panen yang besar.

 

 

  1. Kebun atap rumah

Khusus buat anda yang tidak memungkinkan lagi untuk berkebun di tanah atau di pekarangan rumah dan lahan sempit, anda bisa berkebun dengan memanfaatkan lantai dua rumah anda untuk menanam. Caranya mudah sekali, seperti halnya berbudidaya di pekarangan rumah biasanya namun anda terapkan konsep tersebut ke lantai dua rumah anda.

Tiga media tanam yang kami ajukan berdasarkan pemanfaatan dan potensi maksimal yang penulis lihat, namun Anda dapat mengkreasikan bentuk medi tanam lainnya yang cocok dengan kondisi areal rumah, cuaca dan faktor lainnya, semoga bermanfaat!

 

Sumber : agrotani.com ; mongabay.co.id, wikipedia.com

 

Eduagro Indonesia
www.eduagroindonesia.com
Facebook : Eduagro Indonesia
Instagram : eduagro.id
Telp / WA : 021 786 3834
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat

 

#lahansempit #hidroponik #tanamanatap #verticalgarden #lahanminim #berkebun #budidayatanaman #lahansubur #iderumah #rumahasri #rumahproduktif #eduagro #eduagroindonesia #solusipeternakan #solusiperkebunan #agribisnis