doddy domba

Doddy Domba: Laporan Keuangan dalam Bisnis Peternakan itu Mutlak, Jangan Disepelekan

Eduagro IndonesiaHardiansyah Ismail atau Doddy Domba memulai bisnis ternak sejak tahun 2009 lalu. Awalnya ia bekerja di salah satu perusahaan swasta sebagai Manajer Keuangan.

Pengalamannya sebagai manajer, membuatnya sadar betapa pentingnya peran sistem keuangan dalam perjalanan bisnis, apapun itu bidangnya, termasuk peternakan.

Doddy Domba selaku Pemilik Saung Domba International di acara seminar akbar, Kupas Tuntas Sampai Puas Keuangan, Akuntansi, dan Perpajakan dalam Peternakan Sabtu (25/11) di Hotel Bumi Wiayata ini menyatakan, “Laporan keuangan terkesan simpel, tapi dalam titik-titik tertentu jadi hal yang penting banget dalam menentukan kemajuan sebuah perusahaan.”

“Awalnya saya melihat bisnis peternakan yang saya jalankan normal-normal saja. Pegawai ada, kambingnya juga lumayan ada 300 ekor. Namun satu keanehan setelah saya lihat laporan keuangan kok tidak sesuai dengan apa yang sudah saya rencanakan di awal memulai bisnis?

Dari situ saya tak lagi berfokus pada breeding hewan ternak, tapi fokus untuk menyelamatkan bisnis saya,” tambahnya.

Jarang ada pengusaha yang menganggap laporan keuangan jadi satu hal mutlak dalam roda bisnis. Mereka selalu menaruh prioritas laporan keuangan bukan di posisi pertama. “Padahal hanya dari laporan keuangan, kita dapat merencanakan perusahaan jadi lebih baik dan lebih berkembang,” tukasnya.

 

Sumber : https://trubus.id/

Leave a Comment