Menanggapi Kewajiban Wajib Impor Indukan Sapi

Menanggapi Kewajiban Wajib Impor Indukan Sapi, Ini Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Peternak Lokal

Seperti  yang kita tahu Kementerian Perdagangan (Kemdag) menerbitkan kebijakan yang mengharuskan Feedloter (industri penggemukan sapi) mengimpor satu ekor sapi indukan untuk izin lima ekor sapi bakalan. Sesuai judul diatas “Menanggapi Kewajiban Wajib Impor Indukan Sapi”, Apakah yang harus dilakukan peternak lokal?

Dampak dari kebijakan rasio 5:1 untuk mendapatkan kuota impor sapi bakalan sangat sulit bisa dipenuhi oleh pelaku bisnis, sebab mekanisme perputaran bisnis feedloter sangat cepat yaitu hanya tiga sampai empat bulan.

Menanggapi hal tersebut kementrian Pertanian dalam upaya menjamin  ketersediaan pasokan daging sapi di masa datang dengan harga yang tak terlalu tinggi terus berupaya mengembangkan sapi bakalan di berbagai daerah, seperti di Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat serta Sulawesi.

Penghasil daging sapi juga tesebar dari Pulau Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Provinsi Lampung.

pemerintah kini memfokuskan peningkatan populasi ternak sapi dengan mengoptimalkan program inseminasi buatan (IB), penambahan induk dan penyediaan pakan.

Pemerintah juga menilai pengembangan usaha sapi cukup menjanjikan ketersediaan pangan juga pertumbuhan ekonomi masyarakat sebab nilai jualnya cukup tinggi.

Dalam upaya penambahan populasi sapi di Indonesia, pada 2017 pemerintah menargetkan 3,2 juta ekor betina bunting.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi pun negiyakan karena hal ini tentu akan meyetahjerakan rakyat sebagai tujuan bersama yang bisa dilaksanakan.

Lalu bagaimana dengan kita sebagai peternak lama ataupun pemula?

Saatnya saling merangkul dan mendukung guna mewujudkannya. Pengembangan ilmu agribisnis yang semakin maju di Indonesia harusnya dapat menjadi modal penting peternakan sapi dapat menggusur impor sapi di tahun-tahun selanjutnya.

Dasar-dasar pemelihara n dan pemuliaan  ternak serta peningkatan kualitas pangan, vitamin, indukan, kandang dan segala aspeknya dilakukan dengan sungguh. Sehingga hasil nyata dapat kita rasakan manisnya dengan segera .

Sumber : Antara

Eduagro Indonesia
www.eduagroindonesia.com
Facebook : Eduagro Indonesia
Instagram : eduagro.id
Telp / WA : 021 786 3834
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat.

#agribisnis #sapilokal #sapiimpor #ternaksapi #indukansapi #stopimpor  #solusiternaksapi #kabarpeternak #agrobisnis #agribisnis #pakankambing #peternakankambing #peternakandomba #kambingetaw#peternalandal #pernakindonesia #banggajadipeternak #eduagro #eduagroindonesia

Leave a Comment