Halo Sobat Agribisnis, bagaimana kabar budidaya ikan tawar anda hari ini? Meningkat kah ? Atau Anda sedang sedang menentukan pilihan jenis budidaya ikan yang akan dikembangkan?

Remaja ini, banyak penggiat budidaya ikan lele memperbincangkan keinginannya membudidayakan lele sangkuriang. Tetapi mereka belum mengetahui seluk beluk dari ikan yang akan ia budidayakan . untuk itu Edu agro Akan mengajak Anda mengetahu lebih dekat Lelesangkuriang beserta kekurang dan kelebihannya.

Lele sangkurian sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dari lele dumbo . Hal tersebut dikarenakan lele sangkuriang sendiri merupakan hasil silang dari induk lele dumbo(inbreeding). Tubuh ikan lele sangkuriang mempunyai bentuk tubuh memanjang, berkulit licin, berlendir, dan tidak bersisik.

Mengapa budidaya lele sangkuriang berkembang? Tujuannya untuk mendapatkan bibit lele unggul karena peminat lele dumbo sendiri sudah mulai berkurang. Rekaya genetika ini dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.

Seperti yang kita tahu. lele sangkuriang memiliki banyak kelebihan seperti benihnya yang mudah didapat, kondisi tubuh yang lebih tahan terserang penyakit, daging yang lebih unggul dan gurih karena teksturnya yang padat, sedikit kandungan lemak, renyak, gurih dan tidak berbau lumpur. Pemeliharaanya yang mudah serta wadah pengembangbiakan yang bisa dimana saja menjadikan lele sangkuriang menambah deret keunggulannya.

Walau diunggulkan dari lele terdahulunya, karena Lele sangkuriang dapat hidup di lingkungan yang kualitas airnya sangat jelek.umumnya kualitas air yang baik untuk pertumbuhan yaitu kandungan O2 6 ppm, CO2 kurang dari 12 ppm, suhu (24 – 26) o C, pH (6 – 7), NH3 kurang dari 1 ppm dan daya tembus matahari ke dalam air maksimum 30 c.

Lele sangkuriang tetap tidak dapat bertahan hidup dengan kandungan air yang terlalu asam seperti di daerah perkotaan yang terkena guyuran hujan terus menerus. Hal ini harus diperkatikan lebih oleh peternak guna menjaga lele dari kematian.
Semoga bermanfaat ! (diolah dari berbagai sumber)

Eduagro Indonesia
www.eduagroindonesia.com
Facebook : Eduagro Indonesia
Instagram : eduagro.id
Telp / WA : 021 786 3834
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat.

#ternak #ternaklele #pakanlele #leledumbo #lelesangkuriang#carapembiakanlele #pengusahalele #pengusahasukses #lelesehat#leleberkualitas #eduagro #agrobisnis #agribisnis #edukasiternak#ternakcerdas #ternakuntung #ternakberkah #ternakbermutu