Teknik utama persilangan. Berkerabat. Persilangan antar individu yang berkerabat (Inbreeding) Persilangan antar individu yang tidak berkerabat (Out Crossing) Biak Silang (Cross Breeding) Biak Silang luar (Out Breeding) Biak Tingkat (Grading Up) Tidak berkerabat. Inbreeding (Silang Dalam) Biak dalam (Inbreeding) adalah perkawinan antara individu yang mempunyai hubungan kekerabatan. Dan seterusnya. Pejantan A. Betina B. Betina F1. Betina F2. Betina F3. Keuntungan Inbreeding. Berapa % kemiripan antara F3-A?? Membuat populasi seragam. Melestarikan sifat-sifat yang diinginkan. Mendeteksi gena-gena yang tidak diinginkan. Mempertahankan keunggulan individu ternak dengan line breeding.

MENGETAHUI LEBIH DALAM MANFAAT PEMULIAAN TERNAK

Manfaat Pemuliaan Ternak – Pemuliaan ternak (animal breeding) adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari aplikasi tentang cara-cara meningkatkan mutu genetik ternak. Pada suatu usaha peternakan, sebaik apapun manajemen dan pakan (feeding) yang diberikan kepada ternak, apabila mutu genetik ternak rendah, maka produktivitas yang diperolehnya pun tidak akan optimal. 2 prinsip dasar untuk meningkatkan mutu genetik ternak adalah dengan melakukan program pemuliaan melalui yaitu sistem seleksi dan perkawinan (selection and mating systems).

 

Seleksi ternak dapat menyebabkan perubahan keragaman genetik, tergantung dari cara seleksi yang digunakan. Seleksi pada ternak bertujuan untuk mengubah frekuensi gen dari suatu populasi ternak. Seleksi secara langsung mengakibatkan ragam genetik berkurang sampai tercapainya keadaan konstan pada generasi tertentu. Dengan seleksi terarah suatu sifat yang dikehendaki maka mutu genetik dapat ditingkatkan.

Perkawinan silang/ persilangan merupakan jalan pintas untuk memperoleh individu-individu yang memiliki sejumlah sifat unggul yang dipunyai oleh kedua bangsa ternak tetuanya. Seperti diketahui, apa yang diharapkan dari persilangan adalah adanya efek heterosis dalam beberapa sifat produksi sehingga melebihi rataan kedua bangsa tetuanya. Metode kawin silang digunakan untuk memperoleh individu yang memiliki sifat produksi unggul dalam waktu yang singkat.

 

Perkawinan silang dapat meningkatkan produktivitas dan mutu genetik, namun membutuhkan biaya yang besar dan harus dilakukan secara bijak maupun terarah, karena dapat mengancam kemurniaan dari ternak asli. Oleh karena itu, upaya seleksi dapat dianggap sebagai pilihan yang baik dan rasional. Perbaikan mutu genetik biasanya bersifat permanen dan dapat diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya.

 

Jadi dengan adanya pemuliaan ternak ini akan menghasilkan bibit yang unggul, dapat meningkatkan produksi ternak, memperbaiki kualitas produk (telur, daging, bulu maupun lainnya), memperbaiki reproduksinya, menambah nilai ekonomis ternak, memperbaiki efisiensi dan konversi pakan yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan peternak.

Sumber : ilmuternak.com

www.eduagroindonesia.com
Facebook : Eduagro Indonesia
Instagram : eduagro.id
Telp / WA : 021 786 3834
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat

#ternakĀ  #ternakkambing #ternakdomba #ternaklele #solusiternak #pemuliaanternak #pakankambing #peternakankambing #peternakandomba #kambingetawa #vitamin #nutrisiĀ  #saungdomba #saungdombainternasional #saungdomba #eduagroindonesia #agribisnis #ternak #peternakan #farm

Leave a Comment