Hai sobat agribisnis, sudahkan Anda mulai perkembangan bisnis Anda? Salah satu kunci utama dalam berternak adalah memerhatihan kandangnya sebaik mungkin. Hal ini karena fungsi kandang yang mempengaruhi pertumbuhan ternak Anda. Serta kepastian terlindunginya ternak anda dari penyakit, serangan cuaca panas dan hujan ataupun gangguan luar lainnya.

Untuk itu berikut kami berikan hal penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat kandang yang berkualitas.

  1. Struktur tanah, hal ini penting untuk mengurangi gangguan kesehatan pada ternak, tanah yang cenderung berawa atau berair dapat menjadi masalah serius dalam kesehatan ternak.
  2. Arah angin, sebelum membangun kandang perhatikanlah arah angin yang biasa bertiup di daerah anda. Guna menghindari rembesan air hujan masuk ke dalam kandang.
  3. Suhu rata-rata wilayah, di dataran tinggi suhu sudah pasti dingin, maka kandang di dataran tinggi sebaiknya lebih tertutup, begitu juga dengan kandang di dataran rendah sebaiknya agak terbuka untuk menjaga kestabilan sirkulasi udara.
  4. Bahan bangunan yang akan digunakan, hindarilah bahan bangunan yang bersifat sintetis khusus di bagian bawah kandang terutama dinding dan tempat pakan ternak, bila itu satu-satunya pilihan maka sterilisasi seluruh bahan bangunan tersebut.
  5. Jenis hewan ternak, setiap hewan ternak berbeda perilaku, seperti sapi lebih suka lantai kering bila dibandingkan dengan kerbau, kerbau sangat suka berkubang. Hal-hal seperti ini harus anda perhatikan agar efisien dalam menjaga kesehatan ternak.
  6. Ketersediaan air bersih untuk minuman ternak dan jarak dengan pakan seperti rumput (HMT), sebaiknya di dekat kandang ada cukup sumber air bersih, seperti sumur, air PDAM, atau mata air. Agar proses perawatan ternak lebih efisien.
  7. Harga bahan bangunan, dipertimbangkan untuk perhitungan laba rugi, sebagai peternak tentu yang anda butuhkan adalah perolehan keuntungan.

Sukses selalu dan semoga bermanfaat !

(diolah dari berbagai sumber )

#kandang #kandangternak #ternakruminasia #peternakandal #jagobeternak #ternakberkualitas leleberkualitas #eduagro #agrobisnis #agribisnis #pakankambing #peternakankambing #peternakandomba #kambingetawa #saungdomba #eduagro